Virtual Box namanya aplikasi ini bisa menjalankan sebuah sistem operasi didalam sistem operasi kita yang sedang dijalankan, dan tetapi setelah anda menginstal sistem operasi melalui virtualbox ini bukan berarti sistem virtual yang menjalani hidupnya sendiri layaknya sebuah hiasan semata. Namun sistem operasi virtual tadi bisa berjalan layaknya sistem operasi yang di instal dalam komputer asli atau nyata yang bisa dihubungkan kedalam suatu jaringan komputer dan bahkan didalam virtualbox itu sendiri menyediakan beberapa mode jaringan yang bisa diterapkan.

Untuk konfigurasi mode jaringan di dalam virtual box anda dapat membuka pengaturan Network/jaringan setelah membuat sebuah virtual sistem operasi.

mode-jaringan-di-virtual-box-netrojo

Nah setelah itu terdapat pilihan mode jaringannya..

Penjelasan Mode Jaringan pada Virtual Box

1. NAT
Merupakan pengaturan awal dari virtualbox saat pertama menginstal sistem operasi virtual. Mode NAT ini memungkin komputer utama (host) dapat berbagi jaringan ke komputer virtual  (guest), lalu komputer guest akan menggunakan IP komputer host untuk terhubung ke jaringan internet.
Pengaturan dengan mode ini membuat komputer guest dapat melakukan ping ke komputer host namun sebaliknya komputer host tidak dapat melakukan ping ke komputer guest.

2. Bridge Adapter
Mode bridge ini membuat guest dan host terlihat seperti dua komputer nyata yang saling terhubung satu sama lain. Komputer guest tidak dianggap lagi sebagai virtual melainkan dibaca sebagai komputer asli, oleh karena itu kalau ingin terhubung harus disamakan subnetnya dengan komputer host.
Mode ini mengharuskan terhubung ke jaringan internet.

3. Internal Network
Mode ini membuat komputer guest terhubung pada jaringan internal yang dapat berkomunikasi ke sesama komputer virtual (jika membuat virtual os lebih dari satu). Mode ini biasa digunakan untuk simulasi jaringan.

4. Host-only Adapter
Mode ini dapat menghubungkan komputer guest dengan komputer host dan seolah-olah terhubung melalui jaringan, bedanya dengan bridge adalah mode ini tidak mengharuskan komputer host terhubung ke jaringan internet.

Nah itulah pengaturan mode jaringan di VirtualBox, gunakan sesuai kebutuhan anda masing-masing.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.