Dalam sebuah jaringan ada yang menggunakan kabel dan tanoa kabel, tapi pastinya ada yang menggunakan kabel. Kabel jaringan yang sering digunakan adalah kabel UTP atau STP.
Untuk membuat sebuah kabel jaringan straight atau cross sebagai berikut.

Alat dan bahan yang dibutuhkan 


1. Kabel LAN 












2. Konektor RJ-45









3. Gunting Pengupas Kabel (UTP/STP Stripper) : digunakan untuk mengupas kabel utp/stp.












4. Tang Crimping : digunakan untuk menjepit kabel lan utp/stp ke konektor RJ-45.












5. LAN Tester : fungsinya untuk menguji kabel yang dibuat apakah itu sudah benar atau tidak, dan melihat lebih detail mana kabel yang tidak tersambung/gagal.













Tahapan membuatnya:


1. Urutkan ujung kabel 1 straight dan urutan ujung kabel 2 cross seperti gambar dibawah ini.

















2. Kupas Kabel dengan menggunakan utp/stp stripper.

3. Urutkan kabel sesuai dengan urutan kabel stright.












4. Jika sudah diurutkan, sekarang rapihkan dan potong kabel menjadi sekitar 1,5cm, fungsinya agar kabel tidak mudah patah ketika di belok-belokkan. Selanjutnya masukkan kabel tadi ke konektor RJ-45. Pin kuningan menghadapke arah kita, jangan sampe terbalik.












5. Setelah kabel dimasukkan langsung saja ambil tang crimping-nya dan masukkan kabelnya yang sudah ditancapkan ke RJ-45 ke lubang crimping RJ-45. Lalu jepit dengan keras sampai bunyi “ceklik”.












6. Selesai, jangan lupa untuk sisi satunya yang ujung 2 menggunakan cross. Dan tutorialnya sama, beda urutan kabel saja.












7. Untuk mengecek kabelnya dengan menggunakan LAN tester, cara pakainya masukkan ujung satu ke kotak yang kecil dan ujung satunya yang kotak besar. Terserah bisa dibolak balik.













Jika lampu nyala semua berarti kabel berfungsi dengan baik,dan jika ada lampu yang tidak nyala langsung terlewati artinya ada salah satu kabel yang tidak berfungsi atau tidak tersambung dengan baik.